Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Tingkat Partisipasi Santri pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Beringin Sakti Dharmasraya

Andesti, Tia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Tingkat Partisipasi Santri pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Beringin Sakti Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_TIA_ANDESTI_16005081 _837_2021.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap partisipasi belajar santri pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang bervariasi pada mata pelajaran Fiqih. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) serta desain Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian memakai dua kelas yakni kelas eksperimen dan kontrol yang kemudian menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Analisa data untuk menguji efektifitas pembelajaran menggunakan uji independent Sample T Test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya tingkat partisipasi santri pada kelas eksperimen termasuk kategori tinggi sedangkan kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup tinggi. Partisipasi belajar juga bisa meningkatkan pemahaman santri hal tersebut dapat dilhat dari hasil Post Test santri. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap tingkat partisipasi santri pada mata pelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30708

Actions (login required)

View Item View Item