Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV UPTD SD Negeri Pauh Sangik Kabupaten 50 Kota

Famareta, Shindy (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV UPTD SD Negeri Pauh Sangik Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SHINDY_FAMARETA_16129222_339_2021.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru karena guru belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam menemukan permasalahan yang sedang di belajari sehingga peserta didik kurang kreatif dan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Kooperatif tipe Group Investigasion di kelas IV UPTD SDN 02 Pauh Sangik.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses pelaksanaan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, aspek guru, dan aspek peserta didik serta hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV UPTD SDN 02 Pauh Sangik Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 78,75% (C), meningkat pada siklus II menjadi 90% (B). ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 80% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Pada aspek peserta didik didapat rata-rata siklus I adalah 80% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 92,5% (SB). Pada hasil belajar peserta didik rata-rata siklus 1 yakni 73,85(C) meningkat pada siklus 2 menjadi 87,95 % (B) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV UPTD SD Negeri 02 Pauh Sangik Kabupaten 50 Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:59
Last Modified: 23 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30696

Actions (login required)

View Item View Item