Oktafianti, Nika Dwi (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 03 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
6_A_NIKA_DWI_OKTAFIANTI_16129365_3739_2020.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum menggunakan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SD. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Instrumen Penelitian yaitu Lembar observasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 15 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I 87,49% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 96,42% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 81,25% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,5% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 81,25% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,5% kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian, model Cooperative Learning Tipe Talking Stick dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Sintuk Toboh Gadang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 06:50 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 06:50 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30691 |
Actions (login required)
View Item |