Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas VB SDN 22 Andalas Padang Timur

Hidayat, Rahmat (2020) Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas VB SDN 22 Andalas Padang Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RAHMAT_HIDAYAT_16129383_4281_2020.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang belum menggunakan media pembelajaran, belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalalm penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, kurang mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis kelompok, kurang memberikan rangsangan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengolah informasi yang diperoleh dan guru kurang membimbing siswa dalam menyimpulkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team Di Kelas VB SDN 22 Andalas. Penelitaian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan pelaksanaan menggunakan model Listening Team. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti sebagai praktisi dan siswa kelas VB SDN 22 Andalas Padang Timur yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian yaitu : (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I 82,5% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 92,5% (2) aktivitas guru pada siklus I 80% mengalami peningkatan pada siklus II 94,44%, (3) aktivitas siswa pada siklus I 80% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 94,44%. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 76,2% kategori Cukup (persentase ketuntasan 41,07%) mengalami peningkatan pada siklus II denagn nilai rata-rata 88,83% kategori Baik (persentase ketuntasan 92,85%). Dapat disimpulkan bahwa model Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas VB SDN 22 Andalas Padang Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:50
Last Modified: 22 Mar 2021 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30689

Actions (login required)

View Item View Item