Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Untuk Menanamkan Karakter Positif

Azrianti, Vivi Putri (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Untuk Menanamkan Karakter Positif. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_VIVI_PUTRI_AZRIANTI_16129422_3730_2020.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Karakter positif yang kini mulai memudar disekolah dasar diakibatkan kurangnya pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap nilai-nilai moral yang seharusnya juga didapat didalam proses pembelajaran. Karakter positif ini dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa disekolah. Namun hal ini mulai tidak diperhatikan dalam proses pembelajaran. Karakter positif yang kurang didapatkan oleh siswa berkaitan dengan kurangnya pembelajaran karakter yang menarik dan dipahami siswa. Proses literasi yang kini sudah mulai dilakukan pada kurikulum saat ini masih belum dilakukkan dengan cara yang efektif. Kurangnya strategi yang dimiliki oleh guru maupun pihak sekolah dalam menerapkan literasi tersebut juga termasuk dampak memudarnya karakter positif siswa. Penerapan Literasi yang sesuai oleh siswa sekolah dasar untuk menanamkan karakter positif merupakan pengenalan cerita rakyat yang sangat mengandung nilai-nilai moral dan budaya. Namun untuk dapat menarik minat siswa dalam mengenal cerita rakyat dibutuhkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pengenalan teknologi untuk siswa saat ini termasuk hal yang sudah biasa, namun perpaduan pembelajaran dengan teknologi yang dianggap merusak proses belajar siswa dapat menjadi strategi agar siswa merasa tertarik untuk mengenal cerita rakyat. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran untuk menanamkan karakter positif dapat dipadukan dengan sebuah aplikasi yang menarik siswa yaitu aplikasi Macromedia Flash. Model pengembangan media pembelajaran ini menggunakann model yang dikemukakan oleh Thiagarajan (dalam trianto, 2012), dengan tahap define, desain, development dan disseminate. Media yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 48 Ganting untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya media pembelajaran disebarkan ke SD Pembangunan Laboraturium UNP, namun penyebaran dilakukan hanya untuk pengisian angket guru. Hasil penelitian dari media pembelajaran yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas materi dengan nilai validasi 87,27%, validitas media 98,18% dalam kategori sangat valid. Selain itu untuk hasil respon siswa dan guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai 96% dan 95%. Dengan demikian, media pembelajaran tematik menggunakan aplikasi macromedia flash untuk menanamkan karakter positif dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai angket yang berkaitan dengan karakter positif siswa yang sudah ditanamkan adalaj sebanyak 99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:50
Last Modified: 22 Mar 2021 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30684

Actions (login required)

View Item View Item