Pengembangan Model Pembelajaran Microteaching Berbasis Nilai-Nilai Islami

Asril, Zainal (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Microteaching Berbasis Nilai-Nilai Islami. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ZAINAL_ASRIL_19478_1913_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, terindikasi bahwa Nilai- nilai Islami belum dijadikan sebagai dasar dalam pembelajaran Microteaching mahasiswa Pendidikan Agama Islam sehingga belum efektif di praktekan dalam pembelajaran, hal ini akan mempengaruhi pada praktek pengalaman lapangan di Madrasah/Sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meindentifikasi sejauhmana nilai-nilai Islami dijadikan pondasi dasar dalam pembelajaran Microteaching bagi mahasiswa PAI khususnya dan umumnya mahasiswa LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Researchand Development) dengan mengikuti tiga langkah pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu, studi pendahuluan, yang terdiri dari studi literatur, studi lapangan, deskripsi dan analisis temuan,pengembangan model dalam langkah ini dirancangdesain pengembangan, penyusunan perangkat model, uji coba model I, evaluasi dan revisi, uji coba model II, evaluasi dan penyempumaan serta penilaian model, dan penilaian model pengembangan pembelajaran Microteaching berbasis nilai-nilai Islami bagi mahasiswa PAI.Data diperoleh melalui angket. Data tersebut didalami dan dianalisis untuk melihat efektivitas pengembangan nilai- nilai Islami dalam pembelajaran Microteaching diujicobakan dalam penelitian. Hasil penelitian menujukan bahwa, ada tiga nilai-nilai Islami yang diintegrasikan dalam keterampilan dasar mengajar yakni nilai Illahiyah, yaitu nilai yang sumbemya dari Al-Quran dan Sunnah.Kedua nilai Jnsaniyah, yaitu nilai yang pada dasamya sudah dibawa sejak lahir (Fitrah), tumbuh dan berkembang atas kesepakatan manusia. Ketiga nilai Religiusitas adalah nilai yang mendasarinya berorientasi pada aspek aqidah, ibadah, baik buruk, halal dan haram atau pahala dan dosa.Analisis tingkat validitas dan keterpakaianmodel pembelajaran Microteaching bagi mahasiswa PAI berada pada kategori layak. Hasil pengimplementasian model diuji efektivitas skor pada (pretest-posttest) sebelum dan sesudah mengikuti praktek yang didasari dengan nilai-nilai Islami dalam pembelajaran Microteaching mahasiswa pendidikan agama islam (Kelas PAI-A, B dan C) meningkat dengan memberikan konstribusi rata-rata 20 % masing-masing dari 6 kelompok pembelajaran microteaching, yang diujikan secara rata-rata menjadi tinggi yang sebelumnya berada pada kategori sedang.Dengan demikian, sebagai hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pengembangan pembelajaran Microteaching berbasis nilai-nilai Islami bagi mahasiswa PAI menjadi baik dan benar sesuai dengan Nilai-nilai Al-Qur'an dan Sunnah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:49
Last Modified: 22 Mar 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30676

Actions (login required)

View Item View Item