Pengembangan Model Sistem lnformasi Layanan Bimbingan Akademik Berbasis Customer Relationship Management (CRM) di Perguruan Tinggi

Prima, Wahyu (2020) Pengembangan Model Sistem lnformasi Layanan Bimbingan Akademik Berbasis Customer Relationship Management (CRM) di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_WAHYU_PRIMA _1309293_3072_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan tentang penerapan sistem informasi layanan bimbingan akademik di Perguruan tinggi ditemui permasalahan bahwa belum terlaksanakan layanan bimbingan akademik secara optimal, sehingga kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan utama belum terpenuhi secara maksimal. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah model sistem informasi layanan bimbingan akademik yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan utama. Salah satunya adalah model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis Customer Relationship Management (CRM). Tujuan penelitian adalah mengembangkan model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM di perguruan tinggi yang valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, komitmen mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Untuk menjamin keabsahan produk, instrumen divalidasi oleh pakar. Analisis data menggunakan uji Aiken's V untuk validasi poduk, analisis prekuensi untuk uji praktikalitas model dan buku panduan, sedangkan uji efektifitas model menggunakan uji Wilcoxon. Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa aktif dan dosen yang ada di lingkungan Univesitas Dharmas Indonesia. Hasil dari penelitan pengembangan model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM menghasilkan empat sintak model, yaitu: analisis portofolio, membangun ikatan, menentukan strategi layanan, dan Evaluasi. Model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM berada pada kriteria valid, sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, komitmen mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:49
Last Modified: 22 Mar 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item