Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Enaktif-Ikonik-Simbolik (PBM-ENIKSI) pada Siswa Sekolah Dasar

Mas'ula, Siti (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Enaktif-Ikonik-Simbolik (PBM-ENIKSI) pada Siswa Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SITI_MAS'ULA_15169028_1663_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti selama penelitian pendahuluan. Keterampilan problem solving siswa belum berkembang. Self efficacy siswa belum terlihat dalam menyelesaikan masalah matematika. Sumber belajar belum cukup tersedia dan model yang diterapkan dalam pembelajaran belum memberikan peluang untuk siswa membangun sebuah pengetahuan. Peneliti perlu menyelesaikan masalah ini melalui penelitian desain (design research) dengan model Plomp (2013), yakni melalui riset awal, mendesain produk, dan tahapan penilaian. Uji coba produk dilakukan pada siswa SD Negeri Gugus II Kee. Padang Selatan, Kota Padang semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Data penelitian dikumpulkan melalui diskusi, pengamatan, tanya jawab, daftar pertanyaan, dan tes. Berdasarkan penelitian dihasilkan model Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Enaktif-Ikonik-Simbolik (PBM-ENIKSI) yang diwujudkan dalam bentuk buku model, Buku Pegangan Pendidik (BP2) dan Buku Pegangan Siswa (BP2D). Model PBM-ENIKSI mempunyai 5 sintaks, yaitu: pembekalan awal pemecahan masalah, mencari solusi pemecahan masalah melalui hal konkret, merepresentasikan masalah ke dalam tabel/gambar/grafik, menyelesaikan masalah menggunakan simbol-simbol matematika, dan evaluasi solusi pemecahan masalah. Hasil validasi menunjukkan bahwa model PBM-ENIKSI layak digunakan dengan kategori sangat valid, dengan karakteristik: (a) pengembangan model didasarkan pada kurikulum dan rasional teoritik yang kuat, (b) sintaks model PBM-ENIKSI mengarah pada tercapainya peningkatan keterampilan problem solving, dan (c) komponen model lainnya saling menunjang implementasi langkah-langkah yang dikembangkan. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa model PBM-ENIKSI bisa dilaksanakan pada kondisi real dan dapat diterapkan oleh pengguna pembelajaran di lapangan, dengan karakteristik: (a) produk pendukung mudah dipahami; (b) mempunyai bentuk fisik yang menarik; (c) sintaks model dapat dilaksanakan sesuai waktu yang disediakan; (d) setiap kegiatan dalam BP2D bisa berjalan optimal; (e) BP2 mudah digunakan dan sangat menarik; dan (f) BP2D memiliki ilustrasi yang menarik. Uji efektifitas memperlihatkan keterampilan problem solving siswa dengan model PBM-ENIKSI lebih baik daripada keterampilan problem solving siswa menggunakan model konvensional. Model PBM-ENIKSI dapat diterapkan untuk siswa yang self efficacy tinggi maupun rendah untuk meningkatkan keterampilan problem solving siswa. Berdasarkan hal tersebut dinyatakan model PBM-ENIKSI efektif untuk menambah keterampilan problem solving siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:01
Last Modified: 19 Mar 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30666

Actions (login required)

View Item View Item