Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif tipe STAD terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Adabiah Padang

Rahmah, Salsabilla (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif tipe STAD terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SALSABILLA_RAHMAH_15029113_840_2020.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPA SMA Adabiah Padang masih lemah dan pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik. Selain itu,aktivitas belajar peserta didik tidak tampak dalam proses pembelajaran. Solusi yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung Jenis penelitian adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Adabiah Padang tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen belajar dengan model pemebelajaran STAD dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrolbelajar dengan menggunakan pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata = 0,05 diperoleh p-value = 0,007. Karena p-value, maka tolak .. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, dimana pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung pada kelas XI IPA SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:44
Last Modified: 05 Apr 2021 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item