Efektifitas Penggunaan Modul Zat dan Karakteristiknya Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP /MTs

Noviana, Winda (2021) Efektifitas Penggunaan Modul Zat dan Karakteristiknya Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP /MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WINDA NOVIANA_15035047_443_2020.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas modul zat dan karakteristiknya berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungayang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang diterapkan adalah Randomized Control­ Group Pretest­Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungayang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa 25 pertanyaan objektif. Perbedaan rata- rata antara nilai pretest dan posttest untuk kelas eksperimen adalah 56 sedangkan untuk kelas kontrol 50,4. Analisis data menunjukkan bahwa subjek terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, dan diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,014. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai perbedaan yang signifikan. Berdasarkan analisis data menunjukkan modul zat dan karakteristiknya berbasis guided discovery learning terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:58
Last Modified: 26 Mar 2021 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30658

Actions (login required)

View Item View Item