Pengembangan Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA

Permatasari, Winda (2021) Pengembangan Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WINDA_PERMATASARI_15035048_413_2020.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul minyak bumi berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA dan menganalisis tingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari 3 tahap penelitian yaitu: (a) preliminary research (b) prototyping stage; (c) assessment phase. Uji validitas modul dilakukan kepada 4 orang dosen kimia FMPA UNP dan 2 orang guru kimia di SMAN 8 Padang. Uji praktikalitas dilakukan kepada 2 orang guru kimia dan 30 orang siswa kelas XII IPA di SMAN 8 Padang pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan formula kappa Cohen's. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,89 untuk validitas, 0,93 untuk praktikalitas modul oleh guru dan 0,82 untuk praktikalitas modul oleh siswa. Data ini menunjukkan bahwa modul minyak bumi berbasis guided discovery learning yang dikembangkan sudah valid dan praktis dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:44
Last Modified: 05 Apr 2021 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30657

Actions (login required)

View Item View Item