Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory Based on Metacognitive Skills (TEFA-BMS) pada Bidang Teknologi Pemesinan

Riadi, Selamat (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory Based on Metacognitive Skills (TEFA-BMS) pada Bidang Teknologi Pemesinan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SELAMAT_RIADI_15193026_2118_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Teaching Factory Based on Metacognitive Skills (TEFA-BMS). Model TEFA BMS ini merupakan model yang dikembangkan untuk Calon Guru SMK bidang pemesinan dalam menyikapi tuntutan kemampuan lulusan bidang Teknik Pemesinan pada era Revolusi Industri 4.0, yang tidak hanya terampil bekerja secara teknis, namun juga mampu berpikir, bersikap dan bertindak secara kreatif dalam menghadapi perubahan yang tidak terduga. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model disain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian yang dilibatkan adalah 82 orang mahasiswa dan 5 orang dosen Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan, yang dirancang dengan Two-Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non-tes yang standard serta valid. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan Software Program Lisrell 88, SPSS 22, serta Rumus Aiken's V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Model Pembelajaran Teaching Factory Based on Metacognitive Skills (TEFA-BMS) pada Teknologi Pemesinan adalah valid dengan Chi-Square= 219,76, nilai P-Value=0.98032, sedangkan nilai RSMEA=0.000 dan nilai x2/df =0,8292, telah memenuhi uji kecocokan model igoodness-of-fit models). Kelayakan model memupunyai tingkat kepraktisan rata- rata model mencapai 87,72%, sedangkan efektifitas model yang diuji dengan t-test telah berhasil meningkatkan hasil belajar secara signifikan 15,44 atau 0,000 < 0,05 dan memberikan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksprimen dan kelas kontrol (mean 87,39 dan 81, 10) atau 0,000 < 0,05. Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory Based on Metacognitive Skills (TEFA-BMS) ini memberikan ruang yang besar kepada mahasiswa untuk meningkatkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotornya dengan mengadopsi teknologi pelayanan order di industri. Dengan demikian Model pembelajaran TEFA-BMS telah mampu memberikan konstribusi untuk menghasilkan lulusan Pendidikan Teknik Mesin yang terbaik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:00
Last Modified: 19 Mar 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30656

Actions (login required)

View Item View Item