Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak

Aryani, Nini (2020) Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_NINI_ARYANI_16169045 _1754_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran paling sering dikatikan dengan mutu pendidikan karena dalam menghasilkan pendidikan yang bermutu terletak pada kesuksesan dalam pengelolaan atau manajemen pendidikannya. dalam pengimplementasian model manajemen pembelajaran belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh guru, sehingga pelaksanaan pembelajaran yang ada belum sepenuhnya pula dapat menstimulasi aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pembelajaran PAUD yang berorientasi pada perkembangan anak. Pengembangan model manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop, impelemnt and evaluate). Lembar observasi dan angket merupakan instrument dalam mengumpulkan data penelitian. Produk telah divalidasi oleh pakar dan diuji cobakan pada TK. ABA 2 Sukajadi Pekanbaru, TK. IT. AL Mahirah Rumbai Pekanbaru dan TK. Khalifah Pekanbaru yang telah menerapkan pembelajaran sentra. Adapun data kuantitatif diperoleh melalui angket. Data kualitatif diperoleh melaui lembar observasi, tanggapan dan saran perbaikan yang telah diberikan secara tertulis. Untuk praktikalitas model manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak ditentukan berdasarkan keterlaksanaan dan kelayakan produk serta respon guru. Uji coba terbatas dilaksanakan di TK. ABA 2 Sukajadi Pekanbaru. Uji coba diperluas dilakukan di TK. IT. Al Mahira dan TK. Khalifah Pekanbaru. Data validitas, praktikalitas serta efektifitas yang kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian diperoleh suatu model manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak yang disingkat dengan model MPPaud-BPA. Temuan penelitian bahwa model ini dapat memberikan pemahaman kepada guru terkait dalam pengelolaan pembelajaran berbasis perkembangan anak serta dapat meningkatkan perkembangan anak. Oleh karena itu berdasarkan temuan ini kepada para guru PAUD dan calon guru dapat menggunakan produk ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:00
Last Modified: 19 Mar 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30655

Actions (login required)

View Item View Item