Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Fithri, Rusydah Hayati (2021) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RUSYDAH_HAYATI_FITHRI_15035081_965_2020.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Materi asam basa merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak. Materi ini bersifat fakta, konsep, dan prosedural yang perlu dijelaskan dengan tiga level representasi kimia. Berdasarkan hasil wawancara guru di SMAN 1 Batang Gasan dan SMAN 14 Padang bahan ajar yang digunakan dan tidak terlaksananya praktikum sehingga level makroskopik dan submikroskopik belum ditampilkan. Sehingga siswa tidak mengetahui proses reaksi kimia yang sebenamya terjadi. Salah satu media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan tiga level representasi kimia adalah media PowerPoint. Oleh karena itu dilakukan pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitasnya sebagai media pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop dan diseminate). Instrumen yang digunakan berupa angket validasi dan praktikalitas yang akan dianalisis dengan menggunakan formula kappa cohen. Media ini divalidasi oleh 3 orang dosen kimia UNP dan 2 orang guru kimia SMA, kemudian dilanjutkan dengan uji praktikalitas oleh 2 orang guru kimia dan siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 14 Padang. Produk media yang dihasilkan berupa media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing yang menyajikan model dalam tiga level representasi kimia. Berdasarkan hasil analisis data validitas diperoleh rata -rata momen kappa sebesar 0.95 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan hasil data praktikalitas diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0.93 oleh guru dan 0,86 oleh siswa dengan kategori kepraktisan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:26
Last Modified: 05 Apr 2021 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item