Model Konseling Kelompok dengan Pendekatan Trait and Factor untuk Meningkatkan Kematangan Arah Pilihan Karir Siswa SMAN Kota Padang

Murisal, Murisal (2020) Model Konseling Kelompok dengan Pendekatan Trait and Factor untuk Meningkatkan Kematangan Arah Pilihan Karir Siswa SMAN Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_MURISAL_1104309_2899_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan studi pendahuluan siswa SMAN Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Temuan awal dilapangan menunjukan bahwa masih banyaknya siswa yang mengalami kematangan arah pilihan karimya dapat dilihat mereka masih bingung dalam menentukan peminatan dan mau kemana setelah tamat sekolah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk meningkatkan kematangan arah pilihan karir siswa SMAN yang valid, praktis, dan efektif. Desain penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kota Padang. Model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk meningkatkan kematangan arah pilihan karir siswa SMA. Subjek uji coba produk melibatkan 16 orang siswa dengan melaksanakan pretest-postest melalui hasil inventory kematangan arah pilihan karir, siswa yang mengalami kematangan arah pilihan karir rendah terdiri dari kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes/inventory kematangan arah pilihan karir, observasi dan wawancara Teknik analisis data deskripsi diolah dengan SPSS versi 20 dan menggunakan uji Konkordansi Kendall's W dan Wilcoxon Signed Ranks Test. data. Produk penelitian berupa buku model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk meningkatkan kematangan arah pilihan karir siswa dan buku pedoman penggunaan konseling kelompok trait and factor untuk konselor di sekolah. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat validitas model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk meningkatkan kematangan arah pilihan karir siswa oleh tim ahli berada pada kategori sangat layak. Hasil keterpakaian model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk meningkatkan kematangan arah pilihan karir siswa berada pada kategori sangat terpakai. Hasil uji efektivitas terdapat peningkatan sebelum dan sesudah dilaksanakan model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk meningkatkan kematangan arah pilihan karir siswa. Model konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor sangat penting diberikan untuk meningkatkankematangan arah pilihan karir siswa SMA Kota Padang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:00
Last Modified: 19 Mar 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30653

Actions (login required)

View Item View Item