Pengembangan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) Berbasis Work Based Learning (WBL) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Padang

Kamaruzaman, Kamaruzaman (2020) Pengembangan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) Berbasis Work Based Learning (WBL) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_KAMARUZAMAN_15169062_1992_2020.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Program pengembangan Praktek Kerja Industri (Prakerin) berbasis Work Based Learning (WBL) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dapat di gunakan lanpa dibatasi oleh sckoJab maupun industri. Penelitian ini bertujuan untuk mcngcmbangkan program praktck kerja industri berba. is WBL dalarn bentuk buku panduan Prakerin berbasis WBL yang valid, prakti dan cfektif. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development (R and D), instrument yang digunakan untuk mengukur vaJidita , praktikalita dan efektifitas pengembangan program di validasi oleb pakar. Validitas pengembangan program diukur oleh ahli dan dianalisa menggunakan formula Aiken'V" dan praktikalitas pengembangan program di ukur oleh pengguna. Efektifitas program pcngcmbangan di ukur dari cara pcnggunaan program Prakcrin bcrbasis WBL dan hasil atau nilai Prakerin. Rcsponden diarnbil dengan kelas kont:rol dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui test pengetahuan awal dan ha ii atau nilai akhir praktek kcrja indu. tri. Dari hasil ini terlihat bahwa ada peningkatan nilai Prakerin yang bagus dengan menggunakan pengembangan program WBL yairu dari nilai 83,4 kategori baik menjadi 91,5 kategori sangat baik. Sedangkan pada pelaksanaan Prakerin dengan sistem konvensional tidak terdapat peningkatan nilai yang bcrarti. Berdasarkan analisa data di peroleh hasil penelitian pcngembangan program Praktek Kerja lndustri (Prakerin) berbasis Work Based Learning (WBL) pada ekolah rncnengah kejuruan valid (0,95) dan sangat praktis (95.67% dan 96,05%). Hasil pengujian efektifitas produk penelitian. nilai praktek kerja indu tri dengan program berbasis WBL lebib tinggi nilainya dari pada program konvensional terlihat babwa nilai Prakerin berbasis WBL sebesar (9 l,5) kategori sangat baik. Hasil uji efektifitas berdasarkan tanggapan pembirnbing dan siswa dcngan nilai (95,27% dan 92,89%) kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:00
Last Modified: 19 Mar 2021 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

View Item View Item