Analisis Historical Thinking materi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Media Video pada Mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang

Zafri, Zafri and Asri, Zul and Hastuti, Hastuti (2020) Analisis Historical Thinking materi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Media Video pada Mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang. Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
ZAFRI_ LAPORAN_AKHIR_TAHUN_PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Monoton, minim aktivitas dan kreativitas, serta kurangnya partisipasi peserta didik merupakan pemandangan umum yang terjadi dalam kelas sejarah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, baik dari ketidakmampuan pengajar dalam mengelola kelas sampai pada sifat dasar materi pembelajaran sejarah yang membahas masa lalu, yang seolah tidak ada gunanya pada masa kini. Kondisi real suasana belajar sejarah yang demikian tidak hanya terjadi di sekolah menengah, namun juga di perguruan tinggi sekalipun, meski tidak semuanya seperti itu. Tidak ada yang memungkiri, bahwa sejarah memiliki banyak manfaat, baik sebagai pembentukan karakter hingga meningkatkan rasa nasionalisme peserta didik. Akan tetapi jika melihat bagaimana aplikasi dan pendekatan yang digunakan pendidik dalam kelas dalam mengelola materi, manfaat yang begitu penting tersebut terdengar klise. Jika dikaji lebih lanjut, pada hakikatnya sejarah memiliki pendekatan yang hanya dimiliki oleh sejarah itu sendiri, yakni pendekatan Historical Thinking. Historical thinking atau berpikir historis merupakan sebuah pendekatan yang digunakan untuk meramu materi pembelajaran sejarah yang berkisah tentang masalalu agar berguna untuk kehidupan hari ini dan masa depan. Hakikatnya historical thinking bukanlah hal baru dalam pembelajaran sejarah, akan tetapi masih banyak pendidik yang belum memahaminya, apalagi jika harus merancang materi menggunakan analisis tersebut. Penguasaan materi pembelajaran dan kemampuan analisis historical thinking, merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh pendidik, karena sebagus dan secemerlang apapun sarana yang digunakan tidak akan maksimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran, jika pendidik tidak menguasai materi. Tujuan penelitian pada tahun pertama ini yaitu menyusun materi pembelajaran sejarah dalam bentuk buku teks khususnya Sejarah Peradaban Islam di Nusantara dengan menggunakan analisis Historical Thinking sebagai acuan pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and development, dengan model ADDIE, namun pada penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap development, meliputi; 1) Analysis, analisis kebutuhan sumber materi dalam historical thinking; 2) Design, meramu materi pembelajaran sejarah berlandaskan historical thinking; 3) Development, mengembangkan materi dalam bentuk buku teks dan kemudian divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian tahun pertama ini yaitu buku teks Sejarah Peradaban Islam di Nusantara yang sudah divalidasi oleh ahli dengan kategori sangat layak. Buku yang ditulis berlandaskan analisis Historical Thinking sedang proses terbit di penerbit Manggu Publisher. Kemudian luaran berupa presentasi dan publikasi pada seminar Internasional PSSHER juga telah dilaksanakan. Full paper yang berjudul History Textbook Development Based On Historical Thinking sudah diupload ke sistem dan menunggu proses selanjutnya untuk dapat diterbitkan pada jurnal atau prosiding Internasional

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:14
Last Modified: 18 Mar 2021 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item View Item