Analisis Potensi Wisata Sejarah dan Budaya untuk Pengembangan Wisata Bebasis Kearifan Lokal di Nagari Situjuah Batua Kec. Situjuah Limo Nagari Kab. 50 Kota

Najmi, Najmi and Hastuti, Hera and Novio, Rery (2020) Analisis Potensi Wisata Sejarah dan Budaya untuk Pengembangan Wisata Bebasis Kearifan Lokal di Nagari Situjuah Batua Kec. Situjuah Limo Nagari Kab. 50 Kota. Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
HERA_LAPORAN_AKHIR_PENELITIAN_2020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nagari Situjuah Batua yang terletak di Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota merupakan nagari yang memiliki sejarah yang cukup berbeda dengan nagari lain di Sumatera Barat. Sejarah yang dimiliki nagari ini yaitu berupa sebuah peristiwa besar dan selalu dikenang oleh masyarakat Situjuah Batua sendiri. Peristiwa tersebut yaitu Peristiwa Situjuah. Peristiwa ini selalu diperingati oleh masyarakat setiap tanggal 15 Januari. Peristiwa ini merupakan peristiwa sejarah yang terjadi pada periode Revolusi Fisik di saat Pemerintahan Indonesia mempertahankan kemerdekaannya dari kolonial Belanda. Peristiwa Situjuah dapat dikatakan sebagai peristiwa yang memberkas di hati masyarakat Minangkabau terutama masyarakat di Nagari Situjuah Batua yaitu berkaitan dengan sebuah pengkhianatan oleh bangsa sendiri dan pembunuhan para pahlawan oleh tentara Belanda. Peringatan peristiwa tidak hanya sekedar peringatan biasa namun bersamaan dengan “alek nagari” yang rutin diadakan dar i dulunya. Bisa dikatakan peringatan Peristiwa Situjuah dirayakan tidak hanya sebatas upacara penghormatan terhadap para pahlawan yang meninggal tetapi juga diperingat i dengan acara atraksi budaya berupa “alek nagari”. Upacara peringatan dan “alek nagari” inilah yang nant inya dijadikan potensi wisata yang cukup menjanjikan terutama wisata sejarah dan budaya. Namun hal ini belum disadari masyarakat secara luas. Agar potensi ini menjadi potensi wisata sejarah dan budaya maka diperlukan penelitian lebih lanjut dengan memakai pendekatan sejarah yaitu menelusuri jejak-jejak Peristiwa Situjuah dan menjadikannya potensi wisata sejarah dan bersamaan dengan “alek nagari” yang juga dijadikan atraksi budaya sebagai salah satu potensi wisata budaya. Adapun luaran yang ditargetkan dari penelitian ini yaitu menerbitkan hasil penelitian berupa artikel ilmiah pada seminar internasional (prosiding internasional). Selain itu dari hasil penelitian ini diharapkan Nagari Situjuah Batua lebih dikenal lagi sebagai tempat tujuan wisata sejarah dan budaya. Agar penelitian ini lebih terencana, tersistematis dan tercapai, diperlukan Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT). Adapun Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) pada penelitian ini pada tingkat/level 1 dengan indikator, pertama identifikasi jejak-jejak peninggalan peristiwa sejarah, yang kedua analisis potensi wisata sejarah dan budaya melalui peringatan peristiwa dan atraksi budaya, dan yang ketiga analisis nilai jual wisata budaya dengan kearifan lokal dari Nagari Situjuah Batua.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:01
Last Modified: 19 Jul 2021 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30647

Actions (login required)

View Item View Item