Penerapan Model Pembelajaran Berstruktur untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Sejarah: Tahun ke 1 dari Rencana 2 Tahun

Zafri, Zafri and Hardi, Etmi and Hastuti, Hera (2017) Penerapan Model Pembelajaran Berstruktur untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Sejarah: Tahun ke 1 dari Rencana 2 Tahun. Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
HERA_UNP_PT 2017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah yang memuat banyak materi seolah dipaksakan kepada peserta didik untuk dapat menguasainya secara keseluruhan. Bahkan terkadang mengabaikan kebermaknaan pembelajaran sejarah itu sendiri. Salah satu solusi untuk pembenahan pembelajaran sejarah yaitu dengan penerapan model pembelajaran berstruktur. Pada model pembelajaran berstruktur, peserta didik dituntun untuk memaknai setiap peristiwa sejarah melalui berpikir proses, berpikir kritis, berpikir analisis, berpikir tiga dimensi waktu. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan model pembelajaran sejarah berupa model pembelajaran berstruktur. Model pembelajaran berstruktur mengcover materi pembelajaran sejarah yang cenderung berupa uraian dan deskripsi yang kurang terarah menjadi berpola. Setiap materi pembelajaran sejarah yang berupa peristiwa selalu memiliki proses lahir, proses berkembang, proses kemunduran, dan hancur (habis). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif pengembangan model pembelajaran. Tahapan penelitian yaitu 1) Pengumpulan Data, 2) Desain Model, 3) Validasi Desain, 4) Revisi Desain, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi Produk, 7) Produksi Masal Produk. Keseluruhan tahapan penelitian mengacu pada metode research and development. Hasil validasi buku teks model berstruktur oleh validator menunjukkan bahwa buku teks valid dijadikan sebagai bahan ajar untuk sekolah menengah atas. Capaian luaran tahun satu penelitian yang telah dilaksanakan meliputi, 1) artikel jurnal nasional (submit), 2) pemakalah dalam seminar nasional, 3) validasi buku teks oleh validator ahli.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:32
Last Modified: 18 Mar 2021 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item