Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Peserta Didik Kelas IX SMP

Yenti, Dalvi (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Peserta Didik Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DALVI_YENTI_15029003_635_2020.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang hams dimiliki oleh setiap peserta didik. Dalam pelaksanaan di sekolah pembelajaran masih terpusat pada guru, guru aktif memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik masih pasif dalam pembelajaran, sehingga mengakibatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran CORE lebih baik yang belajar dengan pembelajaran konvensional dan aktivitas belajar di kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Kelompok yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah IX C dan sebagai kelompok kontrol adalah kelompok IX D. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CORE lebih baik dari pada yang belajar dengan model pembelajaran konvensonal. Aktivitas yang berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran CORE juga meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis perserta didik dengan taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:43
Last Modified: 05 Apr 2021 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item View Item