Analisis Implementasi Konstruk Berfikir Historis dalam Perkuliahan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang

Hastuti, Hera and Lionar, Uun (2020) Analisis Implementasi Konstruk Berfikir Historis dalam Perkuliahan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang. Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
HERA_LAPORAN_AKHIR_DOSEN_PEMULA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya tingkat analisis mahasiswa terhadap peristiwa sejarah, berdampak pada proses pembelajaran yang dilakukan. Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis perubahan yang menjadi roh dari sejarah itu sendiri masih rendah. Hal ini diduga terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kemalasan mahasiswa dalam membaca sumber-sumber yang relevan dengan materi perkuliahan, kurangnya latihan berpikir sejarah yang diterapkan oleh pendidik, hingga tidak adanya dialog keilmuan dalam menyamakan persepsi tentang pembelajaran sejarah dan tujuan apa yang hendak dicapai. Jika hal ini terus dibiarkan tanpa adanya tindakan yang solutif, maka pembelajaran sejarah tidak hanya materinya saja yang membahas masa lalu, tapi perkembangan ilmunya juga mundur kemasa lampau. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses pembelajaran di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Proses pembelajaran ini meliputi mata kuliah dalam rumpun Sejarah Indonesia, Sejarah Tematik, Sejarah Regional, dan Ilmu Sejarah. Kemudian menganalisis implementasi konstruk berpikir historis dalam pembelajaran sejarah. Apakah konstruk berpikir yang menjadi landasan setiap analisis kesejarahan tersebut diaplikasikan dalam proses perkuliahan atau tidak. Hakikatnya berpikir historis erat kaitannya dengan kemampuan dalam melakukan analisis kronologis, analisis kausalitas, interpretasi, analisis berpikir tiga dimensi waktu dan menarik makna atau nilai-nilai dari peristiwa masa lalu untuk diaplikasikan dalam kehidupan hari ini dan masa depan. Misal, ketika membahas tentang berbagai Peristiwa Disintegrasi Bangsa yang terjadi pada awalawal kemerdekaan, mahasiswa diharapkan tidak lagi membahas tentang latar belakang atau jalannya peristiwa dalam diskusi, karena penjelasan mengenai semua hal tersebut sudah dipaparkan dalam teks. Akan tetapi diskusi lebih diarahkan pada analisis kenapa pemberontakan tersebut terjadi dengan mengkorelasikan dengan kehidupan bangsa hari ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif evaluatif. Sebuah metode yang tidak hanya memaparkan situasi real dari yang diteliti, tapi juga melakukan evaluasi untuk mencari solusi, agar permasalahan yang ditemukan tidak berlarut dan kembali terulang. Capaian luaran dalam penelitian ini yaitu presentasi dan publikasi penelitian dalam bentuk artikel ilmiah pada seminar internasional PSSHER dengan judul artikel Analysis Of Implementation Of Historical Thinking Construct In Historical Learning dan diskusi evaluasi pembelajaran sejarah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:57
Last Modified: 18 Mar 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item