Peningkatan Hasil Belajar Pada PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di Kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Candung Kabupaten Agam

Saniya, Erlin (2021) Peningkatan Hasil Belajar Pada PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di Kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Candung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ERLIN_SANIYA_16129170_86_2021.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Candung Kabupaten Agam, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru kurang optimal, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Candung Kabupaten Agam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Observasi, dan d) Refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021 selama 2 minggu. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Candung Kabupaten Agam dengan jumlah 12 orang peserta didik, yang terdiri dari 7 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pada RPP siklus I 81,81%% (B) meningkat pada siklus II 93,18% (AB). Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru siklus I 82,14% (B), meningkat pada siklus II 96,42% (AB). Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan peserta didik siklus I 78,57% (B), meningkat pada siklus II 96,42% (AB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh 74 dengan predikat cukup (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90 dengan predikat sangat baik (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Candung Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:06
Last Modified: 18 Mar 2021 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30635

Actions (login required)

View Item View Item