Pengembangan Model Penilaian Otentik Kesastraan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas

Pohan, Jusrin Efendi (2020) Pengembangan Model Penilaian Otentik Kesastraan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_JUSRIN_)EFENDI_POHAN_17169010 _3120_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penilaian dalam pembelajaran kesastraan di sekolah menengah atas. Penilaian yang dilakukan oleh guru masih penilaian tradisional yang menekankan pada aspek kognitif saja. Aspek sikap dan keterampilan siswa kurang diperhatikan oleh guru. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah model penilaian kesastraan yang mencakup ketiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menjelaskan proses pengembangan model penilaian otentik kesastraan yang menekankan pada penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini mengikuti model pengembangan Plomp dengan tiga tahapan, yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap evaluasi. Adapun produk penelitian ini adalah buku model penilaian otentik kesastraan, buku guru, dan buku siswa. Uji coba model penilaian otentik kesastraan ini dilakukan di kelas XI SMA N 1 Gunungtua, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi; lembar praktikalitas guru dan siswa; lembar efektivitas untuk guru dan siswa; panduan wawancara; lembar observasi guru; dan tes. Jenis data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang terdiri atas hasil validasi model, hasil praktikalitas model, dan hasil efektivitas model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1) prosedur pengembangan model penilaian otentik kesastraan pada pembelajaran sastra di sekolah menengah atas yang mengadopsi model pengembangan Plomp telah menghasilkan model penilaian yang valid, praktis, dan efektif; (2) jenis informasi yang diperoleh ketika model penilaian otentik kesastraan diterapkan dalam pembelajaran sastra adalah hasil pengamatan, penilaian sikap, dan kualitas produk; (3) informasi hasil-hasil penilaian dalam model penilaian otentik kesastraan digunakan sebagai umpan balik kepada siswa dan refleksi bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran; dan (4) tingkat efektivitas model penilaian otentik kesastraan cukup tinggi dilihat dari perbedaan hasil dari kelas eksprimen dengan kelas kontrol. Hal ini ditemukan adanya perbedaan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik antara unjuk kerja siswa yang mengalami pembelajaran dengan model penilaian otentik kesastraan dibandingkan dengan unjuk kerja siswa yang pembelajarannya menggunakan model penilaian konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:05
Last Modified: 18 Mar 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30628

Actions (login required)

View Item View Item