Pengembangan Model Pembelajaran Realistik Geometri Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar

Alim, Jesi Alexander (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Realistik Geometri Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_JESI_ALEXANDER_ALIM_15169017_3175_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pembelajaran geometri siswa sekolah dasar. Siswa lebih cenderung dikenalkan dengan penggunaan rum us tanpa melibatkan penemuan konsep i tu sendiri dan pembelajaran terpisah dari pengalaman siswa sehari­hari. Untuk mengatasi masalah ini dikembangkan model Model Pembelajaran Realistik Geometri (PRG) Berbantuan Multimedia Interaktif pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan design research yang mengkombinasikan model Plomp dengan model Gravemeijer & Cobb, yang terdiri dari 3 fase yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment), fase pengembangan (development or prototyping phase/design experiment) dan fase penilaian (assessment phase/retrospective analysis). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 3 7 Pekanbaru. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, lembar validasi instrumen dan produk, lembar observasi keterlaksanaan model, angket, dan tes pemahaman konsep matematika siswa. Untuk menjamin keabsahan produk, instrumen divalidasi kepada pakar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistika inferensial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perancangan model PRG berbantuan multimedia interaktif pada siswa SD mengasilkan 9 sintaks model, yaitu (a) Orentasi masalah realistik I, (b) Memahami dan menyelesaikan masalah secara matematika horizaontal, (c) Membimbing dan memberikan stimulasi, (d) Menyajikan hasil, (e) orentasi masalah 2, (f) Memahami dan penyelesaian masalah secara matematika vertikal, (g) Mengkonfirmasi hasil dengan media intareaktif, (h) Aplikasi Konsep, (i) Evaluasi. (2) Model PRG berbantuan multimedia interaktif dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu perangkat pembelajaran yang sesuai dengan indikator pada masing­masing aspek, yaitu aspek isi, penyejian, kebahasaan, dan kegrafisan, (3) Model PRG berbantuan multimedia interaktif memenuhi kreteria praktis dengan kreteria yaitu: adanya kemudahan siswa dan guru dalam memahami isi serta penggunaan produk yang dikembangkan, kejelasan petunjuk penggunaan buku, tampilan menarik minat pengguna dan kesesuaian waktu yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan untuk setiap pertemuan (4) Multimedia Interktif yang dikembangkan sengat membantu peserta siswa dalam proses belajar mandiri, membantu guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada materi geometri, dan mampu mengatasi kekurangan waktu yang tersedia dalam pembelajaran di kelas, (5) Model PRG berbantuan multimedia interaktif sudah efektif memberikan dampak terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengab rata­rata 84.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:05
Last Modified: 18 Mar 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item View Item