Pengembangan Model Case Study-Project Based Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Pendidikan Vokasi Diploma III Desain Gratis

Iskandar, Iskandar (2020) Pengembangan Model Case Study-Project Based Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Pendidikan Vokasi Diploma III Desain Gratis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ISKANDAR_15193014_2117_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan ( need analysis) yang dilakukan pada mata kuliah Pemrograman Visual ditemukan masalah bahwa pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Model Case Study-Project Based Learning. Pemrograman Visual pada Pendidikan Vokasi yang valid, efektif dan praktis. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik analisis menggunanakan uji Aiken'V, dan validitas menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD). Uji kepraktisan dilakukan penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk angket kepraktisan produk dan untuk menguji efektifitas produk dengan eksperimen Two-Group Pretest dan Posttest Design. Temuan penelitian adalah sebuah Model Case Study-Project Based Learning Pemrograman Visual Pada Pendidikan Vokasi, yang dilengkapi dengan buku model, buku bahan ajar, buku pedoman dosen dan buku pedoman mahasiswa. Model dan sistem pendukung memenuhi kriteria validitas, disusun berbasis model penelitian dan pengembangan (Research-Based Model) dan layak digunakan menurut para pakar. Model yang dihasilkan memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai reliabilitas rata-rata 89,0 menurut dosen dan 71,6 menurut mahasiswa. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa hasil dari penelitian pengembangan model Case Study-Project Based Learning menghasilkan tujuh sintak model yaitu, menentukan Case Study, identifikasi masalah, membuat proposal proyek, merancang desain proyek, membuat proyek, uji coba produk, presentasi laporan proyek. Model Case Study-Project Based Learning pada buku model berada kreteria valid. Model Case Study-Project Based Learning berada pada buku bahan ajar,buku pedoman dosen, buku pedoman mahasiswa praktis dan sangat peraktis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:05
Last Modified: 18 Mar 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30621

Actions (login required)

View Item View Item