Hubungan suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar warga belajar program paket C di SPNF Padang

Rahmadani, Disky (2021) Hubungan suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar warga belajar program paket C di SPNF Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_DISKY_RAHMADANI_16005008_889_2021.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh warga belajar dengan motivasi yang rendah. Hal ini diduga disebabkan karena suasana lingkungan yang memberikan pengaruh sehingga belajar tidak kondusif. Hal ini berdampak kepada rendahnya semangat belajar warga belajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk : (1) Melihat gambaran suasana lingkungan belajar pada program paket c di SPNF Padang Panjang. (2) Melihat gambaran motivasi belajar warga belajar pada program paket c di SPNF Padang Panjang. (3) Untuk mengetahui hubungan suasana lingkungan belajar dengan motivasi warga belajar program paket C di SPNF Padang Panjang. Didasarkan pokok permasalahan yang akan dikaji, maka penelitian ini dikelompokkan ke penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini ialah semua warga belajar yang terdaftar di program kejar paket C di SPNF Padang Panjang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 45 orang dan Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 67% atau terdiri dari 30 warga belajar dengan menggunakan metode stratified random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan pernyataan tertulis dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Suasana lingkungan belajar program kejar paket C di SPNF Padang Panjang dikategorikan kurang baik. (2) Motivasi belajar program kejar paket C di SPNF Padang Panjang dikategorikan dikategorikan rendah (3) terdapat hubungan yang signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar program kejar paket C di SPNF Padang Panjang. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel yang baru sehingga dapat menambah dan memperbanyak variabel yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:05
Last Modified: 18 Mar 2021 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30616

Actions (login required)

View Item View Item