Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Write Pair Share (WPS) Berbasis Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar IPA-Biologi Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020

Husni, Lailatul (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Write Pair Share (WPS) Berbasis Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar IPA-Biologi Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LAILATUL_HUSNI_16031009_503_2020.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada proses pembelajaran di SMPN 31 Padang adalah model pembelajaran yang masih bersifat teacher centered dan kurang bervariasi sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dilihat dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Write Pair Share berbasis literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran Write Pair Share berbasis literasi sains terhadap kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang materi zat aditif dan zat adiktif peserta didik SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII SMPN 31 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan lembaran penilaian produk membuat karya tulis ilmiah berupa makalah untuk kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa kompetensi belajar IPA peserta didik terhadap materi zat aditif dan zat adiktif menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Write Pair Share berbasis literasi sains pada materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh positif dan dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang IPA-Biologi peserta didik Kelas VIII SMPN 31 Padang pada Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:43
Last Modified: 05 Apr 2021 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item View Item