Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi

Yuliani, Adela Sari (2020) Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ADELA_SARI_YULIANI_1205190_3288_2020.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fable siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi tidak dengan menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi dengan menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks ceritafabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggiyang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 225 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII1 dengan siswa 27 orang dan kelas VIII4 dengan siswa 27 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita fabel tidak dengan dan dengan menggunakan teknik mind mapping. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita fabel tidak dengan dan dengan menggunakan teknik mind mapping siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja menulis teks cerita fabel. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi tidak dengan menggunakan teknik mind mappingberada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 74,69. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi dengan menggunakan teknik mind mappingberada pada kualifikafi Baik (B) dengan rata-rata 80,86. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa penggunaan teknik mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi karena ttabel<thitung(1,70<2,74), sehingga H1 diterima. Dengan kata lain, teknik mind mapping dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:24
Last Modified: 17 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30596

Actions (login required)

View Item View Item