Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Materi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang

Zulfarina, Fika (2020) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Materi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_FIKA_ZULFARINA_16058005_1706_2020.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi rendahnya minat belajar Sosiologi siswa kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Untuk memperbaiki mutu pembelajaran adalah dengan memvariasikan model pembelajaran salah satunya melalui model Snowball Throwing. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan minat belajar Sosiologi pada materi perilaku menyimpang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model rancangan penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Dari 4 kelas dipilih satu kelas yaitu X IPS 1 yang berjumlah 34 orang siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan model Snowball Throwing. Secara keseluruhan minat belajar siswa dari tahap pra tindakan sebesar 22%, kesiklus I meningkat menjadi 26%. Kemudian dari siklus I kesiklus II juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 74%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:24
Last Modified: 17 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30593

Actions (login required)

View Item View Item