Pengaruh Kepemimpinan Kepala Dinas Perempuan Terhadap Budaya Kerja Pegawai Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya

Wulandari, Fitria (2020) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Dinas Perempuan Terhadap Budaya Kerja Pegawai Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_FITRIA_WULANDARI_16042126_1710_2020.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakingi oleh fenomena keterlibatan perempuan yang semakin meningkat dalam dunia birokrasi di Indonesia khususnya Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala dinas perempuan terhadap budaya kerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan angket skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Jumlah populasi pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya sebanyak 62 Orang, dengan ini penelitian ini melakukan penelitian dengan teknik total sampling. Alasan penelitian ini, karena sangat sedikitnya pemimpin perempuan pada lembaga pemerintahan di Indonesia khususnya di Kabupaten Dharmasraya. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala dinas perempuan terhadap budaya kerja pegawai yang telah diuji dengan uji T, dan didapatkan nilai signifikansi 0,00 kecil dari 0,05 dan persentase kontribusi dari variabel X terhadap Y sebesar 19.6%. Nilai yang tercantum dalam penelitian ini adalah semakin baik kemampuan kepemimpinannya maka ia dapat membentuk budaya kerja pegawai yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan guna untuk melihat keterlibatan perempuan dalam ranah birokrasi di Indonesia. Adanya kepemimpinan perempuan akan memperlihatkan bahwa perempuan juga mampu memimpin dan membenahi dunia birokrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:24
Last Modified: 17 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30590

Actions (login required)

View Item View Item