Pengembangan Model Research Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Four Cs pada Pembelajaran Fisika SMA

Estuhono, Estuhono (2020) Pengembangan Model Research Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Four Cs pada Pembelajaran Fisika SMA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ESTUHONO_17169035_3828_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil riset awal menunjukkan masih rendahnya keterampilan four Cs pada diri siswa, karena pembelajaran fisika yang seharusnya menekankan keterlibatan aktif siswa dengan menghadirkan dunia nyata belum dilakukan secara optimal. Upaya mengatasi masalah ini dikembangkan model research based learning pada pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan Plomp yang terdiri dari preliminary research, prototyping phase, assessment phase. Tahap preliminary research dilakukan analisis karakteristik model pembelajaran fisika SMA, analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi pembelajaran. Tahap prototyping phase dilakukan desain prototype model pembelajaran yang meliputi sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang selanjutnya dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Tahap assessment phase dilakukan uji coba lapangan untuk mengukur tingkat efektivitas model yang dikembangkan. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi model pembelajaran. Data penelitian dari uji praktikalitas diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan siswa. Data penelitian dari uji efektivitas diperoleh dari penilaian keterampilan four Cs, aspek pengetahuan, dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian tahap preliminary research pada analisis karakteristik model pembelajaran fisika SMA diperoleh bahwa pembelajaran fisika harus menekankan pada pada keterlibatan siswa melalui aktivitas saintifik. Analisis kurikulum diperoleh bahwa kurikulum yang menjadi landasan pembelajaran fisika SMA adalah Kurikulum 2013. Analisis siswa diperoleh bahwa siswa kelas XII berada pada tahap formal operasional sehingga sudah mampu berpikir abstrak. Analisis materi diperoleh materi pembelajaran fisika tentang kelistrikan. Hasil penelitian pada tahap prototyping phase diperoleh sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang dirancang mengikuti langkah-langkah model research based learning untuk meningkatkan keterampilan four Cs. Hasil penelitian tahap assessment phase pada uji validitas diperoleh persentase rata-rata tiap aspek pada buku model, buku guru, dan buku siswa berturut-turut pada adalah (87); (91, 29); dan (93, 66) dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis uji prakikalitas model berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 87,51, angket kepraktisan model menurut guru 87, 65, dan angket kepraktisan menurut siswa 81,35 dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya hasil uji efektivitas melalui analisis deskriptif, efektif untuk meningkatkan keterampilan four Cs, aspek pengetahuan, dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:24
Last Modified: 17 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item