Tunjuk Ajar Melayu dalam Tradisi Lisan Nyanyi Panjang Bujang Si Undang Orang Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau

Erni, Erni (2020) Tunjuk Ajar Melayu dalam Tradisi Lisan Nyanyi Panjang Bujang Si Undang Orang Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ERNI_1304384_3827_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan-persoalan pewarisan tunjuk ajar yang tidak lagi berlangsung sebagaimana dahulu, seperti: menyusutnya kegiatan upacara adat dan tradisi, lenyapnya kebiasaan bercerita sebelum tidur, hilangnya senandung menidurkan anak, dan jarangnya permainan rakyat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menjelaskan butir-butir Tunjuk Ajar Melayu Riau dalam tradisi lisan nyanyi panjang Bujang Si Undang orang Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi (content analysis) dengan menggunakan metode deskripirif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah berupa kata, frase, klausa, kalimat, yang interpretasinya diyakini berisi nilai-nilai Tunjuk Ajar Melayu. Metode untuk menganalisis data penelitian ini dilakukan melalui tiga alur kegiatan, yaitu: ( 1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini ada 6, yaitu: (1) nilai tunjuk ajar yang berkaitan dengan keimanan dan ketakwaan dalam nyanyi panjang Bujang Si Undang dapat dilihat dari indikator perilaku percaya kepada Tuhan YME, mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan Tuhan, amanah, ikhlas, malu, rendah hati, dan ketaatan kepada ibu bapak; (2) nilai tunjuk ajar dalam nyanyi panjang Bujang Si Undang tergambar dalam perilaku berkata apa adanya, berbuat atas dasar kebenaran, dan bertanggung jawab; (3) tunjuk ajar kecerdasan yang ditemukan dalam nyanyi panjang Bujang Si Undang meliputi indikator perilaku, seperti: berpikir terarah, logis, dan analitis, mampu mencari solusi, cermat, bepandangan jauh ke depan, dan keutamaan menuntut ilmu; (4) nilai tunjuk ajar ketangguhan dalam nyanyi panjang Bujang Si Undang tergambar pada indikator perilaku mandiri, percaya diri, teliti dan tidak mudah putus asa, pekerja keras, rajin dan tekun, berani menanggung resiko, dan tahu diri; (5) nilai tunjuk ajar kepedulian dalam nyanyi panjang Bujang Si Undang dapat dilihat dari indikator perilaku patuh pada aturan dan norma, sopan santun, suka membantu, pemaaf, dan kasih sayang; dan (6) nilai tunjuk ajar kebangsaan meliputi indikator perilaku yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan, gotong royong, hak dan milik, musyawarah mufakat, dan ketaatan kepada pemimpin. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai tunjuk ajar yang terkandung di dalam nyanyi panjang Bujang Si Undang merupakan karakter ideal orang petalangan dan berisi pendidikan moral, nilai-nilai hidup, pemikiran yang bijak, segala jenis petuah, petunjuk, nasihat, amanah, pengajaran, dan contoh teladan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Petalangan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:24
Last Modified: 17 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30583

Actions (login required)

View Item View Item