Pengembangan Permainan Kartu Kimia (C-Card) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Koloid kelas XI SMA/MA

Zebina, Aulia (2021) Pengembangan Permainan Kartu Kimia (C-Card) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Koloid kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AULIA_ZEBINA_15035055_565_2020.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Permainan Kartu Kimia (C-Card) pada materi sistem koloid kelas XI SMA/MA serta menentukan nilai parktikalitas dan validitas dari media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dan data dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Media yang dihasilkan divalidasi oleh dua orang dosen Kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 1 Batang Anai. Penentuan tingkat praktikalitas dari media ini dilakukan dengan menyebarkan angket praktikalitas kepada dua orang guru kimia SMAN 1 Batang Anai dan 30 orang peserta didik kelas XII IPA 1 SMAN 1 Batang Anai. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan Momen Kappa validasi 0,85 dengan kategori sangat tinggi dan nilai praktikalitas guru dan siswa 0,88 dengan kategori sangat tinggi dan 0,80 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media permainan kartu kimia sudah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem koloid kelas XI SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Permainan Kartu Kimia (C-Card) pada materi sistem koloid kelas XI SMA/MA serta menentukan nilai parktikalitas dan validitas dari media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dan data dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Media yang dihasilkan divalidasi oleh dua orang dosen Kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 1 Batang Anai. Penentuan tingkat praktikalitas dari media ini dilakukan dengan menyebarkan angket praktikalitas kepada dua orang guru kimia SMAN 1 Batang Anai dan 30 orang peserta didik kelas XII IPA 1 SMAN 1 Batang Anai. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan Momen Kappa validasi 0,85 dengan kategori sangat tinggi dan nilai praktikalitas guru dan siswa 0,88 dengan kategori sangat tinggi dan 0,80 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media permainan kartu kimia sudah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem koloid kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:25
Last Modified: 05 Apr 2021 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30580

Actions (login required)

View Item View Item