Hubungan Kekuatan Tungkai dan Kelentukan Pinggang terhadap Kemampuan Banting Kayang pada Atlet Gulat Junior Putra Kota Padang

Moneca, Oktavia Yuliani (2021) Hubungan Kekuatan Tungkai dan Kelentukan Pinggang terhadap Kemampuan Banting Kayang pada Atlet Gulat Junior Putra Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_OKTAVIA_YULIANI_MONECA_17086060_1137_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan banting kayang atlet gulat junior putra kota padang yang diduga berhubungan dengan kekuatan tungkai dan kelentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberartian hubungan antara kekuatan tungkai dan kelentukan terhadap kemampuan banting kayang atlet Gulat Junior Putra Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2021 di pusat latian gelanggang olaraga H. Agus Salim Kota Padang Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet gulat junior putra kota padang yang berjumlah 18 orang atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 18 orang atlet. Instrumen dalam penelitian ini adalah: 1) leg and back dynamo meter untuk mengukur kekuatan tungkai atlet, 2) bridge up test untuk mengukur kelentukan pinggang atlet, dan 3) tes kemampuan banting kayang untuk mengukur kemampuan banting kayang atlet. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan tungkai terhadap kemampuan banting kayang atlet Gulat Junior Putra Kota Padang dengan nilai rhitung = 0,634 > rtabel = 0,468, 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan terhadap kemampuan banting kayang atlet Gulat Junior Putra Kota Padang dengan nilai rhitung = 0,559 > rtabel = 0,468. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan tungkai dan kelentukan secara bersama-sama terhadap kemampuan banting kayang atlet Gulat Junior Putra Kota Padang dengan nilai rhitung = 0,779 > rtabel = 0,468.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:23
Last Modified: 17 Mar 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30572

Actions (login required)

View Item View Item