Efektivitas Penyelenggaraan Program Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Jua Gaek Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Roza, Yulia (2021) Efektivitas Penyelenggaraan Program Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Jua Gaek Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_YULIA_ROZA_160422199_2757_2021.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penyelenggaraan Program Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Jua Gaek Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Latar belakang penelitian ini karena ditemukan beberapa permasalahan dalam penyelenggaraan program posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Jua Gaek yakni, rendahnya partisipasi lansia dalam mengikuti posyandu lansia, kurangnya kedisiplinan lansia dalam menghadiri program posyandu lansia, serta kurangnya sosialiasi program yang dilakukan akibat rendahnya kehadiran masyarakat dalam mengikuti sosialisasi serta Pelayanan yang diberikan hanya pemeriksaan sehari-hari tidak ada hal yang menarik dilakukan di posyandu lansia, sehingga tidak ada daya tarik lansia untuk datang ke posyandu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektifitas program posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Jua Gaek Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan program posyandu lansia, dan upaya yang dilakukan dalam peningkatan penyelenggaraan program posyandu lansia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan cara Purposive Sampling untuk menentukan informan kunci dan informan selanjutnya ditentukan dengan teknik Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data ini diuji keabsahannya dengan Triangulasi Sumber yang kemudian di analisis dengan teknik analisis data. Pengukuran terhadap efektivitas penyelenggaraan program posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Jua Gaek Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok peneliti menggunakan pengukuran efektivitas menurut Sutrisno, ada lima indikator pengukuran menurut Sutrisno yakni pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Hasil dari penelitian ini adalah belum efektifnya penyelenggaraan program posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Jua Gaek karena kurangnya pemahaman masyarakat maupun lansia sendiri dengan adanya program posyandu lansia, rendahnya partisipasi lansia dalam mengikuti program posyandu lansia sehingga tidak tercapainya target sasaran dari program posyandu lansia, sehingga tujuan dari program posyandu lansia belum tercapai, hal ini disebabkan oleh tidak seriusnya para lansia dalam mengikuti posyandu lansia sehingga perubahan nyata yang terjadi belum menyeluruh dirasakan oleh lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:33
Last Modified: 16 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item