Manajemen Konflik Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Ruas Padang-Sicincin Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman

Urrahmi, Miftah (2020) Manajemen Konflik Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Ruas Padang-Sicincin Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MIFTAH_URRAHMI_16042147_2307_2020.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pembebasan lahan masyarakat yang digunakan untuk pembangunan jalan tol ruas Padang-Sicincin belum diselesaikan sehingga menimbulkan konflik sosial antara Pemerintah dengan masyarakat. Konflik ini menyebabkan pembangunan jalan tol menjadi terhambat yang pada awalnya infrastruktur jalan tol ini dapat digunakan pada tahun 2020 akan tetapi hingga saat ini proses konstruksi masih mencapai 18% pada ruas Padang-Sicincin. Konflik disebabkan oleh masyarakat tidak menerima keputusan Pemerintah terhadap harga lahan mereka yang ditakar terlalu rendah serta tidak memberikan ganti rugi secara adil kepada seluruh masyarakat yang terdampak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan manajemen konflik pengadaan tanah pembangunan jalan tol ruas Padang-Sicincin serta factor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan berlokasikan di Nagari Kasang Kabupaten Padang Pariaman. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling terdiri dari 8 orang masyarakat terdampak serta pihak-pihak yang berkontribusi terhadap pembangunan jalan tol Padang-Sicincin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen konflik pengadaan tanah pembangunan jalan tol ruas padang-sicincin dilihat dari beberapa tahap dimulai pada tahap pengenalan, diagnosis, mencari solusi yang telah disepakati, pelaksanaan solusi, dan evaluasi, serta faktor yang mempengaruhi manajemen konflik disebabkan oleh peristiwa sehari-hari dimana ada rasa jengkel terhadap sesuatu, adanya tantangan, dan pertentangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tahap manajemen konflik pembangunan jalan tol ruas Padang-Sicincin sudah dilakukan akan tetapi masih belum maksimal terutama pada tahap pengenalan dikarenakan Pemerintah hanya melakukan sosialisasi pembangunan jalan tol ini dalam satu kali sehingga dibutuhkan pengkajian serta pengenalan yang insentif dan mendalam agar konflik dapat segera selesai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:33
Last Modified: 16 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30566

Actions (login required)

View Item View Item