Pengembangan Model Play-Think-Pair-Share (PTPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Pembelajaran IPA di SD

Zakirman, Zakirman (2020) Pengembangan Model Play-Think-Pair-Share (PTPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ZAKIRMAN_17169022_3222_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa di tingkat SD khususnya dalam pembelajaran IPA. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa serta tetap memperhatikan prinsip belajar dan tahap perkembangan siswa di sekolah dasar. Model Play-Think-Pair-Share (PTPS) merupakan solusi yang dihadirkan untuk mengatasi permasalahan berkaitan dengan rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model PTPS yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IPA SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang tediri dari tiga tahap, yaitu: Preliminary Research, Prototyping Phase dan Assessment Phase. Pada tahapan Preliminary Research dilakukan analisis kebutuhan yang meliputi: analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum dan studi literature. Berdasarkan hasil Preliminary Research, dilakukan perancangan model PTPS lengkap dengan sistem pendukung yang kemudian akan dievaluasi pada tahap Prototyping Phase melalui: 1) Self Evaluation, 2) Expert Review, 3) One to One, 4) Small Group, 5) Field Test. Assessment Phase dilakukan untuk melihat keefektifan model. Data penelitian diperoleh dengan observasi, menggunakan lembar penilaian, pengamatan, tes dan angket. Untuk mengetahui dampak model PTPS dilakukan analisis dengan pengujian hipotesis menggunakan desain faktorial 2 x 3 menggunakan Anava dua arah. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa model PTPS telah valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IPA di SD. Hasil validasi dari ahli menyatakan bahwa model PTPS memiliki tingkat validitas yang baik dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Hasil uji coba menunjukkan model PTPS dapat praktis dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di SD. Perangkat pembelajaran yang mendukung keterlaksanaan model PTPS seperti buku guru, buku siswa dan buku guru mudah untuk dipakai dan digunakan serta memberikan manfaat yang baik dalam pembelajaran. Keefektifan model PTPS dapat terlihat dari peningkatan keterampilan siswa yang signifikan dalam memecahkan masalah. Dampak pengiring yang muncul saat dilaksanakannya pembelajaran menggunakan model PTPS adalah peningkatan karakter gotong royong siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:33
Last Modified: 16 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item