Pengembangan Model Instrument Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Musik Band di Sekolah Menengkah Kejuruan Seni Musik

Irwan, Irwan (2020) Pengembangan Model Instrument Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Musik Band di Sekolah Menengkah Kejuruan Seni Musik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_IRWAN_15169042_4021_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk; (1) menjelaskan langkah-langkah atau proses pengembangan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran musik band yang relevan untuk digunakan di SMKN 7 Padang., (2) mengungkapkan validitas dan reliabilitas model instrumen penilaian autentik pembelajaran musik band yang relevan untuk digunakan di SMKN 7 Padang, (3) mengungkapkan praktikalitas model instrumen penilaian autentik pembelajaran musik band yang relevan untuk digunakan di SMKN 7 Padang, dan ( 4) Menjelaskan efektivitas model instrumen penilaian auntentik pembelaj aran musik band yang relevan untuk digunakan di SMKN 7 Padang. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMKN 7 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan model instrument penilaian autentik ini adalah model R & D dalam disain pengembangan model ADDIE analysis, design, develop, implement, and evaluation.Data dikumpulkan melalui Observasi, angket dan tes. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, sehingga diperoleh satu buah produk yang telah divalidasi oleh para pakar. Kemudian telah diuji validitas, praktikalitas dan efektivitas pada model instrument penilaian autentik untuk menilai musik band. Pengolahan data dilakukan dengan mentabulasi hasil kuisioner dan mengolahnya dalam bentuk SPSS versi 20. Setelah pelaksanaan penelitian dan pengembangan didapatkan; ( 1) model yang sebelumnya digunakan oleh guru adalah model konvensional, (2) hasil uji validitas instrument penilaian autentik dalam pembelajaran musik band ini adalah 89,3, (3) hasil uji praktikalitas instrument penilaian autentik dalam pembelajaran musik band 87,4, dan (4) hasil uji efektivitas model instrument penilaian autentik dalam pembelajaran musik band ini adalah 89,4. Berdasarkan hasil uji ini maka dapat disimpulkan bahwa model instrument penilaian autentik ini layak digunakan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah guru lebih mudah dalam melaksanakan penilaian, lebih sistematis, dan memudahkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran musik band.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:33
Last Modified: 16 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30561

Actions (login required)

View Item View Item