Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Disertai Guided Note Taking (GNT) Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 15 Padang

Ningsih, Sri Yulia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Disertai Guided Note Taking (GNT) Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SRI_YULIA_NINGSIH_16031116_758_2020.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran di SMAN 15 Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) disertai Guided Note Taking (GNT) Kelas XI MIA SMAN 15 Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) disertai Guided Note Taking (GNT) terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas XI MIA di SMAN 15 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 15 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 4,24 > ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 5,60 > ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2,54 > ttabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) disertai Guided Note Taking (GNT) berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas XI MIA SMAN 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:43
Last Modified: 05 Apr 2021 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30558

Actions (login required)

View Item View Item