Wardianto, Dedi (2020) Pengembangan Model Problem-Project Based Learning (PPjBL) pada Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_08_DEDI_WARDIANTO_16193066_3171_2020.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran Motor Bensin yang cenderung masih bersifat teacher center oriented sehingga menjadi monoton dan membosankan. Hal ini menyebabkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa menjadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Problem-Project Based Learning (PPjBL) dalam Pembelajaran Motor Bensin pada Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur Pengembangan penelitian ini menggunakan ADDIE (menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi). Produk yang dihasilkan divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh pakar. Uji efektifitas diuji dengan membandingkan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji-t. Uji praktikalitas menggunakan instrument yang diberikan kemahasiswa sebagai responden. Penelitian ini menghasilkan Model Problem-Project Based Learning (PPjBL) dalam Pembelajaran Motor Bensin pada Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif yang valid, praktis, dan efektif. Delapan sintak model PPjBL yang dihasilkan adalah (1) interview, (2) umpan balik, (3) pemecahan masalah, (4) menyusun j adwal proyek, ( 5) mempresentasikan penyelesaian masalah, ( 6) pengerjaan tugas, (7) penilaian hasil, (8) melakukan evaluasi.Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa Model PPjBL yang valid, praktis, dan efektif dapat meningkatkan kompetensi dan hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 06:32 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 06:32 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30552 |
Actions (login required)
View Item |