Model Pembelajaran PROTECTIVE (Project, Technology, and Active) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pendidikan Fisika

Fatkhur Rohman, Fatkhur X (2020) Model Pembelajaran PROTECTIVE (Project, Technology, and Active) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pendidikan Fisika. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_FATKHUR_ROHMAN_17169007_3070_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi kebijakan kurikulum 2013 untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 terkendala dengan belum optimalnya model-model pembelajaran yang ada. Ini menjadi tantangan dan tanggung jawab bagi perguruan tinggi keguruan untuk menyiapkan lulusan berkualitas yang memiliki keterampilan abad 21. Solusi yang ditawarkan untuk menjawab tantangan tersebut adalah mengembangkan model pembelajaran PROTECTIVE. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran PROTECTIVE yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pendidikan fisika. Intervensi dibangun melalui penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary Research, design and develop prototype dan assessment phase. Uji validasi produk dilakukan oleh 6 pakar sesuai keahlian masing-masing. Validitas produk ditinjau dari aspek isi, konstruksi/kegrafikaan dan bahasa pada buku model, RPS, SAP, suplemen pembelajaran, instruksi proyek dan lembar uji kompetensi. Uji praktikalitas produk dilakukan oleh mahasiswa satu per satu dan dalam kelompok kecil. Tolok ukur praktikalitas dilihat dari segi kemudahan, manfaat dan daya tarik produk. Uji efektivitas dilakukan dengan mengobservasi implementasi model PROTECTIVE pada 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol menggunakan lembar observasi dalam desain penelitian static group comparation. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Umum/Dasar di UNP dan UIN IB. Tingkat efektivitas didapat dengan membandingkan pencapaian keterampilan abad 21 dan kemampuan menyelesaikan soal uji kompetensi antara model pembelajaran PROTECTIVE dengan model konvensional. Analisis deskriptif dilakukan terhadap data validitas dan praktikalitas, sedangkan data efektivitas dianalisis menggunakan t test. Dari penelitian ini dihasilkan model PROTECTIVE dengan sintaks perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, uji coba produk, publikasi produk, praktikum dan diskusi hasil laporan praktikum dan sistem pendukung yang terdiri dari RPS, SAP, suplemen pembelajaran, instrumen evaluasi pembelajaran dan lembar instruksi proyek. Model yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi, kegrafikaan dan bahasa pada sistem pendukung model sesuai dengan teori. Model PROTECTIVE juga memenuhi kriteria praktis, dengan karakteristik mudah diterapkan, bermanfaat dalam pembelajaran dan memiliki daya tarik yang baik. Model PROTECTIVE efektif dalam membangun keterampilan abad 21 dan kemampuan penyelesaian soal uji kompetensi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:22
Last Modified: 16 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item