Pengembangan Model E-Learning Berbasis Advance Organizer Berbantuan Intranet di Sekolah Menengah Atas

Azrul, Azrul (2020) Pengembangan Model E-Learning Berbasis Advance Organizer Berbantuan Intranet di Sekolah Menengah Atas. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_AZRUL_14169050_1873_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internet menjadi bagian penting dalam kehidupan saat ini. Salah satu pengaruhnya dalam pendidikan dan pembelajaran adalah pelaksanaan e-learning. Penerapan e-learning mempermudah akses, meningkatkan potensi interaksi dan kolaborasi, memberikan alternatif kesempatan belajar, mendukung kebijakan pemerintah, variasi penyajian materi dan memfasilitasi peserta didik dengan organizer yang memperkuat struktur kognitif. Dibalik kelebihan tersebut, e- learning dengan internet memiliki kelemahan, yaitu informasi yang tersedia di internet sangat besar, tidak semua materi tersebut dibutuhkan peserta didik, munculnya link-link negatif dan pop up, serta rendahnya kecepatan internet. Jumlah informasi yang banyak tanpa organizer mengakibatkan pembelajaran tidak bermakna dan tidak terjadi konstruk pengetahuan dalam diri peserta didik. Kelemahan ini dapat diatasi dengan penggunaan intranet tanpa mengabaikan esensi dari e-learning dan pemberian advance organizer. Jadi, tujuan penelitian ini adalah mengembangan model e-learning berbasis advance organizer berbantuan intranet yang valid, praktis, dan efektif untuk Sekolah Menangah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ini dikembangkan mengadobsi model Advance Organizer sesuai dengan kriteria model, sintaks, prinsip sosial, prinsip reaksi, dan sistem pendukung dari model e-learning Advance Organizer. Produk berupa buku model, LMS, Silabus dan RPP yang dihasilkan diuji validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya. Subjek ujicoba validasi produk adalah ahli di bidang media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli evaluasi dan ahli bahasa. Subjek ujicoba praktikalitas produk penelitian adalah siswa SMA N 4 Kota Pariaman kelas X. Instrumen yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan, daftar pertanyaan, angket validasi, angket praktikalitas, dan soal tes untuk uji efektivitas. Data yang diperolah dianalisis secara kualitatif dan kuantitaf. Produk dari Model E-Learning berbasis Advance Organizer berbantuan Intranet ini adalah Buku Model dengan nilai validasi 78,1 (valid), LMS dengan nilai 80,5 (valid), RPP dan Silabus 97 (sangat valid). Tingkat kepraktisan model adalah 80,3 (praktis). Dan tingkat efektivitas model ini terhadap hasil belajar adalah tinggi dengan perbedaan rata-rata 11, 3 79 dan terbukti berbeda secara signifikan (thitung 3,351 > ttabel 2,048) Jadi, Penelitian ini telah menghasilkan e- learning berbasis Advance Organizer berbantuan intranet yang valid, praktis dan efektif. Model e-learning berbasis Advance Organizer berbantuan intranet dapat membantu pendidik memfasilitasi peserta didik memaknai dan mengkonstruksi pesan pembelajaran serta menjadikan peserta didik berfikir tepat dalam merespon materi pembelajaran. memberikan pengalaman pembelajaran dengan mengintegrasikan perangkat TIK didalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:22
Last Modified: 16 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30542

Actions (login required)

View Item View Item