Pengembangan Model Pembelajaran Multi­ Representasi Pemecahan Masalah (MIRECAL) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0

Lusiyana, Ayu (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Multi­ Representasi Pemecahan Masalah (MIRECAL) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_AYU_LUSIYANA_17169002_3071_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Reorientasi kurikulum GEN­RI terkendala dengan belum optimalnya model-model pembelajaran yang ada. Ini menjadi tantangan dan tanggung jawab bagi perguruan tinggi untuk menyiapkan lulusan berkualitas yang memiliki keterampilan literasi digital sebagai salah satu keterampilan yang diperlukan dalam pendidikan di era industri 4.0. Solusi yang ditawarkan untuk menjawab tantangan tersebut adalah mengembangkan model pembelajaran MIRECAL. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran MIRECAL yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi digital mahasiswa. Intervensi dibangun melalui penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping or developing phase dan assessment phase. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Mekanika di UNP dan UIN IB. Uji validasi produk dilakukan oleh 6 pakar sesuai keahlian masing­masing. Validitas produk ditinjau dari aspek 1s1, konstruksi/kegrafikaan dan bahasa pada buku model, perangkat pembelajaran dan modul ajar. Uji praktikalitas produk dilakukan oleh mahasiswa satu per satu dan dalam kelompok kecil. Tolok ukur praktikalitas dilihat dari segi kemudahan, manfaat dan daya tarik produk. Uji efektivitas dilakukan dengan mengobservasi dan menilai implementasi model MIRECAL pada 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol menggunakan lembar observasi dan instrumen asesmen dalam desain penelitian static group comparation. Tingkat efektivitas didapat dengan membandingkan pencapaian keterampilan literasi digital antara model pembelaj aran MIRECAL dengan model Video­Based Leaming. Analisis deskriptif nilai rata­rata dilakukan terhadap data validitas dan praktikalitas, data efektivitas dianalisis menggunakan t test. Temuan penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran MIRECAL mempunyai tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas yang tinggi. Keseluruhan aspek ini dinilai praktis dan efektif oleh pengguna dosen dan mahasiswa. Pencapaian keterampilan literasi digital mahasiswa yang belajar dengan model MIRECAL lebih baik daripada pencapaian mahasiswa yang belajar dengan model VBL. Dari hasil penelitian terbukti bahwa model pembelajaran MIRECAL dapat meningkatkan keterampilan literasi digital mahasiswa. Karenanya, model pembelajaran MIRECAL dapat dijadikan sebagai altematif untuk melatih literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia mahasiswa dalam pembelajaran ilmu sains atau bidang ilmu lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:22
Last Modified: 16 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30540

Actions (login required)

View Item View Item