Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV UPTD SD Negeri 05 Guguak VIII Koto

Khairi, Abdul (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV UPTD SD Negeri 05 Guguak VIII Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ABDUL_KHAIRI_16129003_37_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang peneliti temukan bahwa: 1) guru belum mengadakan inovasi model pembelajaran pada peserta didik, 2) Pembelajaran Tematik terpadu yang berlangsung masih cenderung mempakat peserta didik merasa jenuh, 3) Penggunaan model yang kurang inovatif dalam pembelajaran tematik terpadu pun dirasa kurang menarik bagi peserta didik, 4) guru masih kurang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membangun dan menemukan sendiri pengetahuannya, 5) pembelajaran hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning(Ctl)di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses pelaksanaan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, aspek guru, dan aspek peserta didik serta hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas 4 UPTD SD Negeri 05 Guguak VIII Koto yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus I yaitu 77,78% dengan kualifikasi (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi (SB). Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I yaitu 79,16% dengan kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus 94,4% dengan kualifikasi (SB). Untuk aktivitas peserta didik siklus I 79,16% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II 94,4% dengan kualifikasi (SB). Penilaian hasil belajar peserta didik siklus I 74,4 dengan kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II 91 dengan kualifikasi (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) di seklah dasar dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:32
Last Modified: 16 Mar 2021 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30533

Actions (login required)

View Item View Item