Model Pembelajaran TAGUNTA di Sekolah Dasar

Yuliasma, Yuliasma (2020) Model Pembelajaran TAGUNTA di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_YULIASMA_19474_1937_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti lakukan terhadap kegiatan pembelajaran tari di SD yang tidak melaksanakan praktek tari karena guru kurang memahami materi praktek yang cocok untuk siswa, disamping itu guru juga kurang memiliki pengetahuan bagaimana mengajarkan keterampilan gerak yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan, dirasakan sangat diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam menyelesaikan persoalan pembelajaran praktik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengembangkan model pembelajaran tari menggunakan cerita di sekolah dasar. Kedua, mendapatkan model yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang terdiri dari: (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkanjenis/bentuk produk awal, (4) melakukan uji coba tahap awal, (5) melakukan revisi terhadap produk utama, (6) melakukan uji coba kelompok kecil, (7) melakukan revisi terhadap produk, (8) melakukan uji coba lapangan operasional, (9) melakukan revisi produk akhir, (10) mendesiminasikan I mengimplementasikan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 11 dan SDN 58 Lubuk Buaya, Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pengamatan, wawancara, dan tes. Untuk melihat kelayakan model dilakukan uji validitas oleh empat orang ahli, uji kepraktisan oleh guru dan siswa serta uji keefektifan melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran TAGUNTA di Sekolah Dasar yang peneliti kembangkan teruji dapat mengatasi masalah pembelajaran tari di sekolah dasar. Kelayakan model pembelajaran TAGUNTAini dibuktikan dengan hasil uji validitas dengan nilai rata-rata keseluruhan yang berada pada kategori sangat valid, uji kepraktisan dengan nilai rata-rata keseluruhan yang berada pada kategori praktis, dan uji keefektifan dengan nilai rata-rata keseluruhan yang berada pada kategori sangat efektif Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran TAGUNTA yang peneliti kembangkan ini valid, praktis, efektif, dan layak digunakan pada pembelajaran tari di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:38
Last Modified: 16 Mar 2021 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30525

Actions (login required)

View Item View Item