Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Topik Pengujian Hipotesis

Syafriandi, Syafriandi (2020) Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Topik Pengujian Hipotesis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SYAFRIANDI_12044024020_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Topik pengujian hipotesis merupakan materi inti yang dibahas dalam mata kuliah Metode Statistika yang merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika di Indonesia. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran topik pengujian hipotesis lebih mengutamakan prosedur perhitungan dari pada memperkuat pengetahuan konseptual secara bersamaan. Mahasiswa lebih cenderung menghafal prosedur baku pengujian hipotesis untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga mengenyampingkan makna atau logika teoretis yang mendasarinya. Hal ini mengakibatkan kurang berkembangnya kemampuan penalaran statistis mahasiswa. Untuk itu, perlu dikembangkan Local Instructional Theory (LIT) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk topik pengujian hipotesis. Pengembangan LIT ini memanfaatkan design research yang menggabungkan model pengembangan Plomp dan model Gravemeijer and Cobb. Model Plomp menggunakan tiga fase utama yaitu ( 1) fase penelitian pendahuluan (preliminary research); (2) fase pengembangan atau prototipe dengan serangkaian evaluasi formatif berupa self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group; dan (3) fase penilaian berupa field test. Pada fase pengembangan dimanfaatkan model Gravemeijer & Cobb berupa (1) fase persiapan percobaan; (2) fase uji coba desain di kelas; dan (3) fase analisis retrospektif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester III Program Studi Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, wawancara, observasi, penyebaran angket, dan tes. Penelitian ini menghasilkan LIT berbasis RME untuk topik pengujian hipotesis yang diimplementasikan menggunakan buku panduan dosen dan buku panduan kegiatan mahasiswa yang ( 1) valid, dengan karakteristik sesuai dengan kebutuhan, memanfaatkan konsep pengujian hipotesis yang benar, komponen-komponen desain pembelajaran saling terkait satu sama lain secara konsisten, dan desain pembelajaran memuat komponen HLT serta memenuhi karakteristik RME; (2) praktis, dengan karakteristik dapat digunakan, mudah digunakan, dan memiliki daya tarik yang sangat baik; dan (3) efektif, bahwa LIT yang dikembangkan berdampak terhadap peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:38
Last Modified: 16 Mar 2021 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30523

Actions (login required)

View Item View Item