Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang

Ananda, Serly Agustia (2021) Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SERLY_AGUSTIA_ANANDA_17016041_935_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan bagaimana perancangan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan bagaimana pembuatan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal ditinjau dari segi kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur. Jenis penelitian ini adalah mixing method, yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuntitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model e-book interaktif berbasis kearifan lokal yang dihasilkan berkategori valid. Hal tersebut dilihat berdasarkan nilai validitas. Dapat dilihat dari validitas model pembelajaran ini yang memperoleh nilai validitas sebesar 94,44 % dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas sebesar 87,5 % dengan kategori sangat valid. Hasil aspek kelayakan kebahasaan diperoleh nilai validitas sebesar 90 % dengan kategori sangat valid. Aspek penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 100 % dengan kategori sangat valid. Selanjutnya aspek kelayakan kegrafikkan, diperoleh nilai validitas sebesar 82,14% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas, dapat disimpulkan bahwa model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang dapat dikatakan sudah valid untuk melanjutkan ketahap selanjutnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:38
Last Modified: 16 Mar 2021 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30514

Actions (login required)

View Item View Item