Analisis Kesesuaian Materi Fisika SMA dengan Materi Gempa Bumi

Sasma, Nadia (2021) Analisis Kesesuaian Materi Fisika SMA dengan Materi Gempa Bumi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NADIA_SASMA_16033057_344_2020.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat rentan terhadap bencana gempabumi. Upaya mitigasi bencana gempa bumi sangat penting dilakukan, salah satunya adalah melalui pendidikan kebencanaan yang bersifat formal di sekolah yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan kebencanaan kedalam salah satu mata pelajaran. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana gempa bumi adalah mata pelajaran Fisika. Namun sebelum mengintegrasikan materi Gempa bumi dengan materi Fisika, perlu adanya analisis kesesuaian untuk melihat materi Fisika yang sesuai dengan materi Gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi Fisika SMA kelas X, XI dan XII dengan materi Gempa bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekaan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh materi yang menjadi bidang kajian fisika. Sampel dalam penelitian ini adalah materi fisika SMA Kelas X, XI, dan XII yang berdasarkan kurikulum 2013. Data pada penelitian ini merupakan data primer yang diambil menggunakan instrumen penilaian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa materi fisika X-1 kurang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi gempa bumi, materi fisika X-2 sangat sesuai untuk diintegrasikan dengan materi gempa bumi, materi fisika kelas XI-1 sesuai untuk diintegrasikan dengan materi gempa bumi, materi fisika kelas XI-2 sangat sesuai untuk diintegrasikan dengan materi gempa bumi, materi fisika kelas XII-1 dan materi fisika kelas XII-2 tidak sesuai untuk diintegrasikan dengan materi gempa.Sehingga materi fisika yang sangat sesuai untuk diintegrasikan dengan materi gempa bumi yaitu di semester 2 kelas X dan semester 2 kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:01
Last Modified: 25 Mar 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30508

Actions (login required)

View Item View Item