Peran Perhatian Orangtua Meningkatkan Minat Belajar Murid pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Sijunjung

Bagaskara, Kevin (2021) Peran Perhatian Orangtua Meningkatkan Minat Belajar Murid pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_KEVIN_BAGASKARA_16023066_736_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ada tidaknya peran perhatian orangtua terhadap minat belajar murid pada pembelajaran seni budaya (musik) di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Sijunjung.di mana perhatian dimaksud akan menjadi masalah bagi murid apabila perannya tidak dijalankan sebagaimana mestinya. Peran orangtua itu adalah peran yang dapat meningkatkan minat belajar murid, dan bukan peran sebaliknya yang dapat menurutkan minat belajar murid. Kajian teori yang dipakai dalam penelitian ini berhubungan dengan pengertian tentang belajar dan pembelajaran; minat belajar; perhatian orangtua, dan Pembelajaran Seni Budaya di Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan berjenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Berdasarkanhasil penelitian yang diawali dari pemaparan kondisi lingkungan tempat meneliti, gambaran perhatian orangtua terhadap kegiatan belajar murid di rumah, serta kondisi pembelajaran seni musik di sekolah, maka dapat dijelaskan bahwa berdasarkan penghimpunan data dan pengolahannya dari rubrik pertanyaan yang diisi oleh orangtua dan murid dalam selang waktu berbeda, di mana pada rubrik itu diminta 10 narasumber orangtua dan 10 narasumber murid mengisi kolom yang tersedia sesuai dengan pilihan jawabannya, maka ditemukan hasil prosesntase pemberian perhatian orangtua terhadap belajar murid di rumah sebesar 63%. Sementara adanya minat murid untuk belajar musik di rumah sekitar 71%. Jika kedua persentase digabungkan, didapatlah angka sebesar 54%. Angka ini menunjukkan bahwa ada hubungan pada tingkat sedang antara perhatian orangtua terhadap minat belajar anak pada sisw murid SMP Negeri 2 Sijunjung yang belajar musik secara daring dari rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:37
Last Modified: 16 Mar 2021 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30504

Actions (login required)

View Item View Item