Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.

Nopriyanti, Veni (2021) Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_VENI_NOPRIYANTI_15045016_2098_2021.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa SD terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Parameter kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami, yaitu pengetahuan terkait bencana, rencana tanggap darurat bencana, dan sistem peringatan dini bencana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari sampel sekolah dan sampel responden. Pemilihan sampel sekolah menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga terpilih 8 SD. Sampel responden terdiri dari sampel utama yaitu siswa dan sampel tambahan yaitu kepala sekolah dan guru. Data penelitian diperoleh melalui metode tes kepada kepala sekolah, guru dan siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SDN 03 Batung dan SDN 12 Pasar Teluk Kabung termasuk dalam kategori siap dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami dibandingkan dengan siswa SDN 19 Pasar Laban, SDN 21 Cindakir, SDN 06 Cindakir, SDN 18 Kandang Labuhan Tarok, SDN 13 Sungai Pisang dan SDN 01 Pasar Laban yang termasuk dalam kategori hampir siap dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:37
Last Modified: 16 Mar 2021 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30503

Actions (login required)

View Item View Item